Jumat, 14 April 2017

Gitaris Terburuk Sepanjang Masa

Melihat nama-nama gitaris terbaik mungkin sering kita temukan pada situs-situs mainstream atau postingan blog lain. Biasanya topic yang dibahas adalah daftar gitaris tercepat dan gitaris terhebat.  Bahkan beberapa fans fanatik sering memperdebatkan siapa gitaris tercepat dan siapa gitaris terbaik. Bagi saya topic tersebut sudah agak basi, dengan pertimbangan buat apa memperdebatkan siapa tercepat dan siapa terbaik. Lagian sudut pandang orang berbeda-beda, terbaik di mata kita belum tentu terbaik di mata orang lain. Sehingga saya menyimpulkan  tolak ukur gitaris terbaik adalah sudut pandang masing-masing fans.

Awalnya saya bermaksud membuat daftar gitaris unik, tapi saya berubah pikiran. Ujung-ujungnya malah jadi perdebatan antar fans fanatiknya. Pada akhirnya saya memilih bikin daftar gitaris terburuk dunia. Saya menemukan ide ini saat membacanya di situs luar. Cukup menarik juga karena sejak dulu tidak pernah terpikirkan oleh saya membuat daftar gitaris terburuk. Pada kesempatan kali ini saya akan kasih daftar Gitaris Paling Buruk Sepanjang Masa atau versi gaul'nya "Worst Overrated Guitarists of All Time".

Mohon disimak baik-baik postingan ini saya copas langsung dari situs thetoptens.com. Di situs tersebut dijelaskan bahwa indikator gitaris terburuk di nilai berdasarkan voting dan tentunya bukan asal-asalan voting. Para voters juga memberikan alasan dan komentar mengapa gitaris A atau gitaris B bisa jadi yang terburuk. Selanjutnya omentar-komentar para voters tersebut saya copas dan saya translate kan. Perlu diingat daftar gitaris terburuk ini sewaktu-waktu bisa berubah menyesuaikan dengan hasil voting disitus TopTens. Cekidot brott......

1. Synister Gates
Secara pribadi Gates adalah gitaris favorit saya. Kemampuannya mungkin berada di atas rata-rata pemain gitar rock. Tapi disini saya harus mengakui bahwa dia terlalu overated. Jika anda mengunjungi toko-toko gitar di kota besar seperti US, anda akan menemukan seorang gitaris yang lagi mendemonstrasikan teknik gitanya yang mana gitaris ini jauh lebih baik dibanding Gates. Selain itu beberapa fanboy gitaris lainnya sangat memebenci Gates dengan alasan bahwa fans Synister Gates sering menyetarakan Gates sebagai Shredder ke 3 tercepat yg pernah ada. Para fans  memilih dia lebih cepat dari Yngwie Malmsteen and Paul Gilbert, John Petrucci. Sungguh pemikiran yang bodoh dan berlebihan.


2. Slash
Slash adalah icon rock dunia. Alasan paling masuk karena dia adalah gitaris mengerikan dengan ciri khas sayatan slow hand. Akan tetapi kemampuan miliknya itu sangatlah konyol mengingat slash terlalu banyak memainkan slow hand, namun fast solo-nya secara harfiah hanya stagnan pada hammer ons dan pull off  membuat permainanya terdengar monoton. Saya fans Gun's Roses dan sangat suka permainan gitar slash. Tapi jangan pernah berpikir bahwa slash adalah gitaris terbaik dunia yang pernah ada, karena masih banyak gitaris yang jauh lebih baik dengan permainan gitar yg terdengar bersih tanpa cacat sedikitpun.


3. Kirk Hammett
Banyak orang mengeluh-eluhkan Kirk Hammet bahwa dia adalah gitaris penerus Joe Stariani. Namanya semakin terkenal, ketika bergabung dengan Metallica. Namun yang ingin saya tekankan disini adalah secara teknikal dia bukan seorang shredder ataupun virtuoso, just a guitarist!! Anda tidak bisa menyebut diri anda seorang shredder atau virtuoso jika tidak memulai semuanya dari titik terendah, membuat intrument, menemukan teknik gitar, menemukan ciri khas, menulis bahkan merekam lebih banyak musik layaknya Joe Satriani yang telah melakukan hal tersebut selama bertahun-tahun.


3. Herman Li
Secara pribadi  saya pikir gaya gitaris ini sangat membosankan dan solo gitarnya terasa hambar.  everything about him is bland!! Memang dia memiliki beberapa riff gitar yang bagus, akan tetapi saya tidak melihat permainan gitar yg menonjol. Overall ketika live perform, sebagian besar solo gitarnya banyak menggunakan pedal efek. Hal ini adalah indikasi kurangnya bakat murni seorang gitaris. Ok mungkin dia salah satu gitaris tercepat, tetapi saya tidak melihat soul dan emosi dari gitaris ini.


4. Billie Joe Armstrong

Apakah si punk homo erotic ini seorang gitaris? saya tidak yakin. Jika saya bisa ketemu dia, maka saya akan bertanya "apakah anda benar-benar seorang gitaris punk rock?" Dia bahkan tidak layak disebut gitaris. Banyak yang menyebutnya dia gitaris punk rock terbaik. Gitaris punk rock? Really? Saya rasa dia cuma gitaris poprock poser. Permainan gitarnya tidak lebih dari support sebuah musik, dan bukan gitaris lead instrument. Dia harus lebih banyak mendengarkan cabikan gitar dari band Killing Time ataupun Biohazard. So yeah intinya This guy is below slash, Van Halen, Jimmy Page, Clapton and Hendrix!?! This guy is overrated to the core.


5. Kurt Cobain

Kurt cobain adalah gitaris busuk. Permainan gitarnya sangat ceroboh, chord yang tidak tepat dan sangat standard sekali. HE'S OVERRATED TO THE CORE! Banyak orang memujinya karena kemampuan songwritter yang hebat. Dia dapat menciptakan lagu yang sangat memorable dan saya rasa hal itu wajar. Dia tidak pernah melakukan banyak solo gitar yang mengesankan atau riff-riff yang beragam, akan tetapi gaya bermain gitarnya sangat pas dengan perasaan yang diinginkan band. Sayatan gitarnya yang ceroboh dan terdistorsi sesuai dengan gaya Nirvana dan benar-benar membuat musik mereka terdengar lebih menarik dan lebih baik. Tapi jika anda memuji dia dengan alasan permainan gitarnya hebat, mungkin anda masih terlalu awam soal gitar.


6. Jimmi Hendrix
Jimmi Hendrix pada dasarnya dijuluki sebagai Sang Dewa Gitar. Awal kemunculan dia menciptakan sebuah genre baru dan merevolusi cara orang bermain gitar hingga dampaknya terasa sampai sekarang. Akan tetapi debutnya tidak sampai era 80 atau 90-an. Hampir semua orang bahkan tidak menyebutnya dewa gitar karena teknik gitarnya yang terkesan monoton dan kurang inovasi. Para generasi shredder junior era 90an lebih banyak menyebut Joe Satriani sebagai Dewa Gitar dibanding Jimmi Hendrix.



Itulah sedikit jajaran gitaris terburuk berdasarkan voting dari situs TOPTENS. Sebenarnya ada banyak kandidat gitaris terburuk di situs tersebut, tapi saya hanya cantumkan beberapa saja.


REFERENSI : Most Overrated Guitarists - Top Ten List

42 komentar:

  1. Kalau berdasarkan skill memang betul list ini,tapi musik bukan sekedar skill tapi juga harmonisasi,inspirasi,kemampuan arange lagu,mencipta lagu dan masih banyak hal lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gates loe bilang terburuk. Gwuoblokk bener dah ente tong

      Hapus
  2. Yg jadi pertanyaan itu.. terus siapa pemain terbaik dr mreka? Gimana skill org2 yg diatas mreka? Harusnya kasih contoh juga siapa org2 trsebut

    BalasHapus
  3. nomor 1 betul sekali, fanboynya gilak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sob fanbase a7x memang paling menggelikan

      Hapus
    2. maksud ente the fallen yak

      Hapus
  4. Wow mungkin maksudnya terlalu dipuji kehebatannya ya..

    sya suka slash dan sinister dalam memainkan gitarnya, mungkin karena lagunya jga yag saya sukaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi gan slash mantep sayatan gitarnya sangar2. tp versi situs toptens dia masuk jajaran gitaris overrated

      Hapus
  5. Masa syn gates dpt predikat terburuk padahal solo susah. Coba Lu cover lagu Bat Country, Beast Harlod, Carry on klo lu bisa gue kasih gitar kesayangan gue. Taiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. dasar fans asunged ngertinya cuma gates

      Hapus
    2. Iya susah tuh, coba cover lagu Cungur Away, Dear Goat, dan The Bis And The Angkot sulit bingitsss! A7x2=14 terbaockkk!

      Hapus
  6. Busyett Kirk Hammett, Jimmi Hendrix, Herman li dibilang buruk. Yg voting pasti asal-asalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan yg posting pasti asal2. Kirk Hammett ane suka solo gitarnya di master of puppets

      Hapus
  7. Setuju njenkk apalagi gitaris green day cuma ngejereng-ngejreng doank kaga ada solonya wakakakakkak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aneh kalian ini billie joe itu vocalis bro...klo lo tempatin d jajaran gitaris ya yg salah elo nya 😄😄

      Hapus
  8. Overrated artinya bukan terburuk tp berlebihan. Gue setuju soal...

    1. GATES, mungkin dialah gitaris paling overrared. Teknik biasa-biasa saja dan cukup lumayan. Yg berlebihan justru adalah fansnya sendiri. Terlalu memuja-muja gates

    2. Herman Li, termasuk overrated juga. Speed paling cepet yg jeleknya kalau main live kadang petikan gitarnya sering fals.

    Dan gue ga setuju adalah...

    1. Slash, masa dia overrated? Soal speed dia ga cepet dan bisa dibilang kalah sama Herman Li. Tapi bukankah permainan gitar ga melulu soal speed? Harmonisasi dan Soul itu lah yg utama

    BalasHapus
  9. Herman li cuma jago main cepat + permainan efek. Kalau di suruh slow hand chrodnya sering meleset. Masih mending syn gates permainan gitarnya bersih. Slow fast di babat semua

    BalasHapus
  10. Gitaris Asunged Pedesepold emang gk guna tod maen fast saja sering kedodoran

    BalasHapus
  11. Harap tenang! wajar keknya baru keluar dari rumah sakit jiwa ini yg nulis, dasar pepek babii
    Kalo ngomog dijaga mas kayak yang paling bener aj. jago musik? Adu gitar sama Syn Gates aja paling elu kalah banci loo

    BalasHapus
  12. Yang buat blog emang goblok bisanya ngejelek jelekin dianya sendiri belum tentu bisa disebut dewa gitar dasar idiot

    BalasHapus
  13. Idiot yang bikin blognya gegar otak

    BalasHapus
  14. Idiot yang bikin blognya gegar otak

    BalasHapus
  15. Yang buat blog emang goblok bisanya ngejelek jelekin dianya sendiri belum tentu bisa disebut dewa gitar dasar idiot

    BalasHapus
  16. Anjink ini yang nulis. Syn gates favorit gua ntot nape loe bilang buruk. Lihat youtube lah syn gates banyak dpt nominasi meskipun pengalaman kalah jauh smama Kirk Hammet. Kecil-kecil cabe rawit. Buat ts jangan asal ceplas ceplos ketemu The Fallen palingan loe kencing berdiri

    BalasHapus
  17. gw kecewa slash dibilang gitaris terburuk. coba nih yang bikibisan blog cover solo - solonya slash. bisa kagak?

    BalasHapus
  18. Gitaris jimy hendrix banyak menginspirasi gitaris dunia yg hebat bahkan satriani, steve vai, malmsteen sanagat terinspirasi oleh hendrix anda jangan bilang kalo hendrik tidak bagus

    BalasHapus
  19. Bisanya cuma nyinyir aja lo babbi
    Situ jago? Cover lah lagu a7x Blinded in Chains ataw yg mudah saja Dear God. Ingat harus sama persis.kalaw ga bisa mending ga usah nyinyir anjinkkk. Avenged sekarang band Legenda broo

    BalasHapus
  20. 8BALL13 Desember 2018 19.28
    Gates gitaris terburuk???
    Klo emank gates terburuk gkk mungkin lah dya buka
    THE SYNYSTER GATES SCHOOL..gue rasa perlu di restart ulang kyaknya otak lo😅

    BalasHapus
  21. Musik bukan soal skill, kurt memang bukan pemain gitar yang handal seperti yg lainnya.
    Tapi yang harus anda tau,kurt bukan lah pemain gitar yang buruk/busuk.
    Buktinya album nevermind dengan standar gitar yang biasa saja dia mampu mengubah dunia musik hingga sekarang!
    Intinya mah musik bukan soal skill atau keahlian

    BalasHapus
  22. Yang nulis ni artikel nya tolol slash dibilang overlead menurut orang mah beda beda bagi cuma slash yg bermain gitar dengan malas tapi menghasilkan suara yang epic

    BalasHapus
  23. Kurt Cobain dan Billie Joe tidak butuh bermain solo gitar. Mereka jauh lebih keren dengan tekniknya sendiri. Dan bermain seperti mereka tidak mudah, steve vai pun mengakui itu. Dan kamu siapa? Kamu sudah andil apa di dunia seni?

    BalasHapus
  24. Bah, banyak kali pens epenjet sepentot yg jenggotnya kebakaran wkwkwk

    BalasHapus
  25. Gk habis thinking ama penulis artikel ini wkwk, yang masuk list ini rata2 gitaris kelas dunia smua broh

    BalasHapus
  26. Sy tidak setuju dg Jimi Hendrix masuk kategori buruk. Ngak mau bertele2 sih..Litte Wing, Voodoo Chile, Bold As Love membangun sebuah pondasi keajaiban bagi gitaris2 setelah masa Jimi. Blues is easy to play but hard to feel. Maybe you just got no feeling dude..

    BalasHapus
  27. Cb cover laguny GNR November Rain, ato Metallica One, tu solony susah semua gw yg dh maen 5 thn pun msi gabisa

    BalasHapus
  28. tidak ada gitaris terburuk atau terbaik..jika dipaksakan sebaiknya dikasih parameter spt misalnya gitaris shredder terbaik/terburuk..chordally based on guitarists..dan lain lain. Marty Friedman atau John Petrucci tidak akan mampu menandingi keindahan solo gitar David Gilmour dan sebaliknya David Gilmour tdk akan mampu bermain di Megadeth atau Dream Theatre..intinya sih gmana sebuah lagu menyampaikan pesannya kpd dunia. Gimana sebuah lagu yg terbentuk secara chordally bs menginspirasi dunia..solo gitar adalah bagian dr lagu. Jimi memang tdk bisa bermain spt Joe..tp Joe sangat terinspirasi oleh Jimi. Guitar atmosphere is really wide..consisting layers of playing..the spectrum you cannot judge.

    BalasHapus
  29. Jaga bahasa lo anjing, gua sebagai fans syn ngajak duel adu gitar sama lo fansnya slash. Komen sih komen tapi di jaga cara ngomongnya, denger anjing kecepatan syn tidak akan pernah bisa dikalahkan oleh slash, kenapa masyarakat lebih banyak memilih slash dibanding syn, karna slash hanya lebih awal muncul saja, kalo lo belum ngerti musik diem aja anjing sosoan menilai lo

    BalasHapus
  30. Waduh kirk hammet kok paling buruk, banyakan wawasan bro baru nulis dari pada jadi bahan bullyan

    BalasHapus
  31. Mungkin yang dimaksud buruk itu jenius kali, soalnya sy fans curt cobain dan Jimi Hendrix dan sy rasa gitaris itu sangat jenius untuk menciptakan sebuah lagu. Hingga bs menghipnotis para pendengarnya, klo hebat buat apa tp klo GK enak didengar 😋😁🤣

    BalasHapus

Silahkan berkomentar secara bebas, dalam artian bebas tapi masih dalam topic yang dibahas. Komentar spam akan saya hapus