Selasa, 04 April 2017

25 Lagu Jepang Terbaik Pembangkit Semangat

Sejujurnya postingan ini terpicu karena saya merasa tertantang dengan blog-blog lain yang bikin list lagu jepang. Saat membacanya saya merasa aneh, karena pembahasannya lebih banyak menjagokan lagu-lagu anime. Bagi saya tidak apa-apa, selera orang beda-beda. Tapi saya tidak mau ikut-ikutan karena ada puluhan blog yang membahas topic yang sama.

Membahas lagu jepang terbaik mungkin sangat sulit, karena kandidat saya berasal dari band mayor dan indie. Sulit menentukan mana yang terbaik karena di jepang sana ada ratusan band dengan lagu-lagu terbaiknya. Ditambah lagi kriteria terbaik masing-masing orang punya versi berbeda. Kalau saya bahas semua mungin akan menjadi daftar yang cukup panjang, sehingga daftar lagu jepang ini saya batasi hanya 25 saja.

Ini dia lagu jepang terbaik yang bisa membuat anda bersemangat. Masalah enak atau tidak enak semua tergantung selera. cekidot brottt......


1. Vidoll - Ikaros

Ini lagu pertama kali saya dengar di tahun 2008. Tahun dimana saya mengenal banyak band visual kei. Musiknya bisa membuat saya terhibur. Menurut saya mereka cukup kreatif memadukan instrument rock dan vocal pop ballad. Menciptakan lagu rock yang secara khusus bisa menjembatani musik rock dan pop, intinya sih tidak cadas-cadas amat dan tidak terlalu ngepop. Jika tertarik silahkan anda dengar sendiri, Instrumentnya rock tapi vokalnya pop.


2. Maki Ohguro - Anata Dake Mitsumeteru

"Anata Dake Mitsumeteru" atau versi englishnya "High Tension" merupakan lagu dalam ending theme 1 Slam Dunk (Anime caliber anak era 90an). Lagu ini mendudki popularitas nomor 2 di Jepang pada bulan Januari 1994, bahkan penjualannya mencapai 1,087,160  copy. Sampai-sampai beberapa artis jepang  pernah meremake lagu ini dengan berbagai versi. Memakai musik elektronik sebagai background dengan vocalis bersuara tinggi. Bisa dibilang vocal tante Ohguro mirip Nike Ardila. Seorang multitalent yang merangkap sekaligus sebagai Singer, Songwriter, Composer.


3. D'espairsray - Mirror


Why don't you break the MIRROR? Just what you need now!! Penggalan liriknya sangat easy listening. D'espairsray tergolong ganas musiknya. Beberapa lagu mereka yang kejam antara lain Born, Maverick, Garnet, Subliminal. Saya rasa bukan rekomendasi pas buat anda yang tidak suka musik cadas. Bisa bikin kuping pecah dan menderita sakit kuning. Sebagai gantinya saya rekomendasikan lagu Mirror. Tidak cadas dan sama sekali tidak terdengar kejam. Berasa pop mainstream, tapi masih diselingi balutan scream.

4. Aldious - Spirit Black


Cewek-cewek membawakan lagu pop mungkin sudah biasa. Bagaimana jika membawkan genre metal?? Jawabannya ada, banyak malahan. Salah satunya adalah Aldious. Track pamungkas saya adalah SPIRIT BLACK. Musiknya tidak main-main, dan yang mungkin tidak luput dari perhatian saya adalah karena personilnya cewek semua. Bunyi bass dan tempo drumnya begitu bersemangat sangat pas dengan suara vocalisnya yang powerfull tinggi melengking. Rami, dia salah satu vocalis favoritku. Saya suka karakter vocalnya yang benar-benar matang untuk ukuran vokalis band power metal.


5. Versailles - Silent Knight


Salah satu musik Instrument dari Versailles yang suka, dan memang paling mantap nonton di youtube karena bisa lihat masing-masing personilnya pamer skill. Disini dua gitarisnya main trading solo, dimana Teru dan Hizaki unjuk teknik gitar secara ganti-gantian. Bunyi gitar yang terdengar classic memang cocok menghilangkan rasa bosan. Tempo drumnya tidak terdengar speed metal tapi mainnya agak progressive. Sayang sekali permainan bass tidak terdengar bagus. Soalnya lagu-lagu versailess  hampir semuanya suara bass tertutup sama kehebohan drum dan gitar.


6. Deluhi - Two Hurt

One of my favorit japanese song!! kalian harus coba ini. Intro lagunya membuat andrenalin naik, apalagi begitu hantaman drum + gitarnya masuk, wahh sedep banget deh. kocokan gitarnya bikin kepala saya goyang-goyang. Dimenit 2.14 gitarisnya bermain solo, diawali dengan picking kemudian disambung taping. Tanpa vokal pun lagu ini tetep bagus, yang kurang menurutku cuma suara bass. Saking heboh'nya permainan drum dan gitar sampai suara bass'nya malah tidak terdengar.


7. Megaromania - Cynthia


Another best song, begitu dengar langsung bersemangat. Khas genre power metal, mirip-mirip  Aldious karena tempo drumnya dituntun cepat. Penampilan vocalisnya bisa menipu, karena awal-awal saya mengira dia seorang cewek ditambah lagi suaranya yang lemah lembut. Dia tidak pakai teknik falsetto, tapi memang bakat alaminya sejak lahir. Oh yah solo gitarnya juga tidak ketinggalan. Cara dia memainkan gitar lebih gila dari gitaris Aldious. Kalau dengar lagu ini paling mantap pakai speaker raksasa trus nyetel naikin efek bass dan tribble'nya.


8. TWO MIX - White Reflection


Ini adalah lagu jadul favoritku. Saya pertama kali dengar saat menonton animasi GUNDAM WING. Seperti namanya "TWO MIX" cuma dua orang personil dan musiknya Techno/Elektro dicampur sama vocal yang nge'pop. Vokal'nya terdengar jadul khas suara lembut tante-tante yang dibungkus dengan musik ekektronik. Temponya saya suka karean terdengar seperti bunyi drum tapi sebenarnya itu sound elektronik. Yang suka musik elektronik dan vokalnya wanita, boleh coba lagu ini. Rekomendasi banget.


9. Nightmare - Vermillion

Ini sebenarnya lagu galau yang di kemas jadi rock. Silahkan translate'kan sendiri liriknya. Tapi berhubung musisinya kreatif jadi dikemas rock dengan tempo drum yang bersemangat. instrument musiknya sudah pas menurutku, terutama duet gitar Hitsughi dan Sakito yang melodic mampus. Yang kurang menurutku ada di vokal, terdengar loyo seperti orang galau lagi nyanyi. Oh yah video klip'nya keren banget, gaya drumernya ketika  perfom terlihat tenang dan kalem. Search saja youtube.


10. Versailles - The Revenant Choir

Lagu ini ada versi single dan versi album. Secara kualitas rekaman masih lebih bagus versi album, soalnya waktu rilis single mereka masih musisi miskin yang rekaman seadanya tanpa polesan software. Lagu ini dinyanyikan dengan suara yang terdengar galau tapi sayangnya instrument musiknya tidak se-galau suara vokalisnya. Suara cengeng bin galau sudah menjadi ciri khas Kamijo. Waktu dia masih vokalis di Lareine musiknya juga cengeng-cengeng sampai akhirnya dia join Versailles gaya bernyanyi’nya masih nempel. Saat lagu ini rilis, jelas yang memainkan bass masih Jasmine You. Tapi asik juga cara dia ngebetot bass, santai tapi mematikan. Hantaman double pedal dan sayatan gitar dalam intro lagu juga membuktikan bahwa 5 personil sinting ini bisa memadukan irama cengeng dengan instrument cadas.


11. ScReW - Gather Roses

Pertama kali lihat mereka WTF!!! dari gaya sampai warna musik benar-benar The Gazette wannabe. Tidak percaya? silahkan saksikan video "Gather Roses". Perbedaan sedikit dari musiknya yaitu agak mirip musik jazz. Kalau dengar Gather Roses, saya paling suka variasi 2 gitarnya dimana gitar 1 memainkan clean dengan variasi efek-efek, sedangkan gitar 2 di stel pakai drive. Ditambah lagi videonya yang menyuguhkan adegan esek-esek, sangat memanjakan mata dan kuping. Sepertinya saya setuju para personilnya memang berbakat menulis novel erotis daripada bikn lirik lagu hahahaha.


12. VII-Sense - Divine Dot

Band ini cukup aneh, tampil dengan formasi tiga gitaris. Namun saya suka, karena tiga gitarisnya sama-sama dalam posisi lead gitar. Jika anda tertarik, silahkan streaming youtube lagu yang berjudul Divine Dot. Saat intro dimulai, perlahan-lahan disuguhkan bunyi piano dengan balutan sound electronik yang kelam, begitu masuk menit 1.39 langsung disajikan bunyi gitar melengking. Tidak ada gitaris nganggur, ketiganya justru punya porsi yang pas dalam menyajikan solo gitar. Jari-jari gitaris’nya begitu halus menari indah di atas fingerboard menghasilkan sayatan gitar meraung-raung. Menurutku teknik gitar yang di pakai biasa-biasa saja, tapi cara mereka meracik porsinya pas makanya terdengar indah dan harmonis.


13. The Gazette - Zetsu

Kalau anda sudah puas dengan rilisan-rilisan The Gazette yang sekarang, coba anda mundur ke beberapa album terdahulu sampai menemukan lagu yang berjudul “Zetsu”. Musik-musik The Gazette sekarang memang terdengar dewasa tapi saat saya mencoba lagu Zetsu yang jadul ini, ternyata musiknya benar-benar pure gold. Tempo drum’nya dibuat agak nge-punk dan kocokan 2 gitarnya saling melengkapi satu sama lain sehingga terdengar kompak (saya sarankan dengar pakai headset). Suara bass yang dihasilkan juga sedikit unik, di menit 02.36 terdengar kalau dia memainkan bass dengan cara menampar senar’nya (teknik ini dinamakan bass slap).


14. Rentrer en Soi - Amongst Foolish Enemies

Saya selalu suka musik yang disajikan Rentrer en Soi, alasannya karena punya 2 karakter dalam satu band. Bisa bikin lagu mellow yang bagus banget dengan vocal seperti suara malaikat, di sisi lain punya kemampuan menciptakan lagu gahar dengan vocal iblis. Karena topic kali ini membahas lagu bersemangat, maka pilihan jatuh pada lagu "Amongst Foolish Enemies" yang saya pilih dari album "The Bottom of Chaos". Lagu ini begitu bersemangat dengan menonjolkan distorsi gitar dan 2 teknik vocal. Yap, Satsuki menggunakan clean voice dan scream tapi sayang teknik screamnya terdengar jelek. Masih lebih bagus dia pakai clean voice, namun saat menggunakan scream entah kenapa suaranya jadi cempreng. Mungkin saat proses recording, tenggorokannya lagi keselek kodok. Tapi saya tetap suka musiknya, apalagi pas masuk refrain dan wowwww keren banget easy listening dan tentunya adrenalin terasa melejit.


15. Dir en Grey - Juuyoku

Mantan band visual kei yang semakin memporak-porandakan Jepang dan US dengan musik cadasnya. Sebenarnya saya bingung memilih lagu yang pas sebagai rekomendasi, karena band ini banyak menghadirkan lagu iblis. Bahkan lagu yang berjudul “Juuyoku” ini tidak tanggung-tanggung langsung menggebrak dengan beat-beat metal yang bikin kuping pecah. Ditambah lagi teriakan Kyo yang makin membuat kutu jembut bergidik ketakutan. Bahkan dimenit 0.58 sampai 1.05 terdengar suaranya seperti orang yang lagi mengumandangkan Azan. Suaranya bagaikan Iblis dan Malaikat dijadikan satu, apalagi vocalnya menurutku tetap stabil di area keras maupun slow. Bingung?? coba anda bandingkan vocalnya dimenit 2.17 dan menit 2.47, dari situ anda akan mendengar bagaimana seorang Kyo menunjukkan karakter suaranya yang stabil.


16. Deluhi - Revolver Blast

Saya sangat kagum sama 4 personil band ini karena menyaksikan promotion video yang berjudul Revolver Blast. Intronya kejam langsung di bantai dengan teriakan menggema dan di bungkus dengan teknik Blasting + Tremolo Picking. Tapi saat chorus partnya jadi easy listening. Berbanggalah jepang karena punya musisi berkualitas, yap gitaris band ini adalah salah satu shredder terbaik di jepang. Tau Shredder? search saja google hehehe.


17. D’espairsRay - Hollow

“Lalalalalalala lalalalala lalalalalala hiki sakareta puriado ga yurete like a ghost”
“Lalalalalalala lalalalala lalalalalala i’m funny stupid nani no tame ni risou made ushinatta”
Yeahh Another exellent track!!! Kalimat di atas adalah penggalan lirik pada part chorus yang benar-benar membangkitkan adrenalin, hardcoreee abisss!! Jika dengar pakai speaker raksasa, saya rasa kupingnya jebol hahaha. Vocal Hizumi dan Zero saling beradu jeritan, dimana cara mereka bernyanyi seperti orang yang lagi kehilangan akal sehatnya. Sound elektroniknya juga sudah jarang dipakai lagi seperti awal-awal karir mereka, malah sekarang lebih banyak distorsi gitar.


18. The Gazette - Dogma

Satu kata saja buat track ini..PERFECTO!!! The Gazette semakin melebarkan sayapnya di industri musik jepang hingga mendekati kancah international, semakin bereksperimen dengan musiknya alias sudah mulai keluar dari zona nyaman. Tidak seperti 2 album sebelumnya, kali ini mereka sukses menggabungkan hardcore dan sound electronik dengan sama baiknya, bisa dibilang porsinya pas. Dari beberapa situs luar yang melakukan review menyebutkan bahwa The Gazette mulai mendekati metal, tapi ya saya setuju track yang berjudul “DOGMA” ini memang sedikit dominan dengan unsur metal’nya dibanding hardcore.


19. Malice Mizer - Beast of Blood

Sepertinya list ini jadi kurang jika tidak memasukkan salah satu dedengkot visual kei. Malice Mizer, mereka lah band yang benar-benar memadukan visual kei dengan seni. Hal ini dibuktikan dengan performa mereka kertika live yang memadukan theatrical art (seperti opera dan musical theater). Dari sekian karya yang dihasilkan saya memilih track yang berjudul “Beast of Blood” sebagai lagu pembangkit semangat. Bagusnya lagi track ini di mix dengan berbagai elemen musik dalam satu lagu (lagu rock atau pop punk tapi ada sound techno’nya) jadi terdengar tidak monoton. Mana Sama sebagai leader banyak memakai bunyi pipe organ ala gereja sehingga musiknya terdengar kelam. Tau pipe organ?? coba dengarkan bunyi yang mengiring pada intro lagu ini (awal lagu), itu adalah bunyi pipe organ.


20. Unlucky Morpheus - Danzai Wa Amaneku Ningen No Moto Ni

Lagu Jepang Terbaik
Berdasarkan data dari situs Metal-Archives, Unluky Morpheus memainkan genre speed / power metal, tapi versi netizen menyebut band ini beraliaran Touhou Metal. Benar-benar genre musik yang aneh. Sedikit yang saya ketahui, musisinya memainkan genre metal tapi dengan memasukkan tema manga yang bergenre brutal aka gore. Salah satu yang memainkan genre ini adalah Unlucky Morpheus. Pertama streaming musiknya saya langsung coba album "REBIRTH (revisited version)", kemudian tertarik dengan lagu yang berjudul "Danzai Wa Amaneku Ningen No Moto Ni". Lagu ini adalah track nomor 2 dalam album Rebirth. Temponya sangat membangkitkan adrenalin mirip-mirip Galneryus tapi yang membedakan vocalis band ini adalah cewek. Seorang wanita yang jago memanfaatkan kemampuannya. Vibratonya mengerikan bisa mencapai nada-nada tinggi, terkadang suaranya jadi lembut ketika tempo musik sedang cepat dan tiba-tiba saja beralih ke jeritan vibrato bernada tinggi.


21. 9Goats Blackout - Salome 

Sebuah lagu romantis yang di bungkus distorsi gitar dengan permainan patah-patah "creeek crekkkk krecrekk crekk kecrekk", kocokan gitarnya benar-benar mirip seperti permainan rock n roll. Sejauh pendengaran saya, lagu ini dinyanyikan dengan beberapa teknik vocal. Clean voice, falseto, sedikit balutan scream, dan dalam beberapa part terdengar whisp-whisp keren (suara yang dibuat seperti berbisik-bisik). Coba dengar baik-baik setelah teriakan cadas yang diikuti tempo drum yang agak ngebeat tiba-tiba musiknya langsung mendadak mellow tepatnya dimenit 02.01, vocalisnya pake falseto persis suara cewek. Asli indah banget, munafik kalau ada yg bilang nih lagu jelek.

Note : 9goats Blackout hanya digawangi oleh 3 personil tapi bisa menciptakan lagu yang enak. Paling menonjol adalah leader band ini yang sangat kreatif memadukan seni artistik dengan musik. Jago desain cloth, komposer, jadi vokalis juga.


22. Moi dix Mois - Unmoved (Seth Version)

Kuburan Band?? No Way!! mereka japanese gothic metal favorit saya. Musiknya horror dan mencekam. Keputusan mereka menggantikan vocalis Juka dengan Seth sangatlah tepat. Vocal opera Seth memanglah payah tapi teknik screamnya sangat mantap. Pertama saya saksikan aksi gilanya saat membawakan lagu Unmoved.. Apalagi dibawakan saat live?? voilaaaa!!! terdengar ganas dan bergemuruh. Para personilnya secara masal melakukan headbang mengikuti hantaman double pedal yang ganas. Streaming?? disini >>> Unmoved (Seth Version).


23.Versailles - The Red Carpet Day

Begitu The Red Carpet Day rilis, seketika nama Versailles melambung ke tingkat popularitas tinggi di scene visual kei jepang. Saya suka menyaksikan versi live dimana menampilkan bakat individu anggotanya yang sangat menonjol. Sebenarnya lagu ini ada dua versi, yaitu versi mini album “Lyrical Sympathy (2007)" dan kemudian ada juga versi maxi single “Rose (2012)". Tapi saya sarankan dengerin saja yang versi Rose, soalnya ada beberapa part lagu ini yang telah diimprovisasi


24. Unlucky Morpheus - Unknown Child (revisited version)

Track ini saya pilih dari album Rebirth. Kalau dengar lagu ini saya sarankan coba yang revisited version, soalnya album Rebirth ada dua versi, yaitu versi yang dirilis tahun 2009 dan versi 2015 (revisited version). Dari segi instrument musik sama saja menurutku dan tidak ada part yang di improvisasi. Hanya saja yang versi 2009 suara vocalisnya terdengar jelek, masih cempreng dan terdengar seperti suara anak cewek. Tapi yang membuat lagu ini begitu bersemangat adalah tempo drum cepat yang saling beradu dengan solo gitar maut.


25. Malice Mizer - Illuminati

Illuminati? Judul lagunya terdengar seram, tapi musiknya sama sekali aneh dan unik. Malice Mizer memang jagonya meracik musik electronik yang keren-keren. Mendengar tempo’nya saja, badan dan kepala rasanya ingin goyang-goyang. Lagu ini sedikit aneh, itu karena sound technonya terdengar seperti musik dangdut "tet teteot tet teteot tet teteot tet tet toett". Suaranya Gackt bagus sekali, menurutku dia ahli mengendalikan range, accuracy, vibrato tanpa cacat sedikitpun. Jangan heran jika The Almighty Gackt ini begitu disegani karena dia salah satu aset terbaik jepang dibidang musik, good job Gacktttt!!!

26 komentar:

  1. Jujur kita sealiran!!!! XD saya mau curhat dikit ya. Pertama tau visual kei 3 tahun lalu ketika disodorin The Gazette. Awalnya saya ndak tau vkei, ketika temanku rekomendasikan lagu Shiver saya mulai ketagihan. Dari gazette akhirnya saya browsing" dan ketemu Versailles dan Naitomea. Dari 2 band itu hingga conect ke Deluhi, Aldious, Megaromania XD. Nah loh pas ketemu blog ini ternyata Deluhi dah disband T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. The Gazette memang top gan. kalau ane sih pertama kenal band jepang itu malice mizer duluan, trus tau the gazette dari youtube

      Hapus
  2. manteb gan, ane bookmark ya
    ane lagi doyan denger lagu laruku nih gan, judulnya ya yang udah terkenal aja deh, kayak flower, hitomi no jyuunin (favorit abis) , the fourth avenue cafe, niji (baru intro udah tinggi aja

    sisanya mungkin dari sukima switch - line sama dari yui . ane kurang hapal lagu2 jepang, dari judul sampe lirik , padahal doyan dengerin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan laruku mantap-mantap, saingannya The Gazette itu

      Hapus
  3. Two mix bagus juga sedikit ngbeat. Ijin bookmark dulu

    BalasHapus
  4. listnya masih kurang the gazette, versailles, alice nine, bagus kok tp diluar jalur viskei lebih banyak yang bagus contohnya cross vein, dazzle vision, FALILV

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okey ane suka FALILV dulu sih sering denger karena nonton anime hunter x hunter

      Hapus
  5. Unlucky Morpheus cukup lama saya mantau band ini...keren abiiisssss
    Fuki vokalis favorit saya sepanjang masa dah.. hahahhahah

    Saya ngikutin fuki dari jamannya masih cuma di Unlucky morpheus, trus ke dragon guardian, n ampe di light bringer ini..

    cinta banget saya ama ni vocalist

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip gan fuki vocalnya sangar memang. jujur ane gak terlalu demen Light bringer, cocoknya ane sama Unlucky Morpheus.

      Hapus
  6. Maantap gan ijin bokmak dlu...

    cobain ViViD gan mantap lagu-lagunya walaupun dah disband, mirip mirip vistlip feel nya tapi Vokal kerenan ViViD
    cobain juga Fest Vainqueur, GUILD, HERO, Far East Dizain, Matenrou Opera, Gilgamesh, Mejibray...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya ViViD mantap, cuma tuh band gimana ya? kata ane sih mereka ahlinya bikin lagu slow mellow cek this... http://bloodtheswan.blogspot.co.id/2017/03/lagu-jepang-yang-sedih-dan-mellow.html

      Hapus
  7. saya baru tau juga si papi Gackt awalnya pernah di malice mizer. overall saya baru tau juga Malice Mizer lagian abis nonton videonya agak gimana gituu hihi lumayan seram. tapi lagunya enak kebetulan lagi suka Jeu Te Veux, Au revoir, Bel Air.

    Thanks reviewnya Vidoll dan Two Mix, ketagihan muisknya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malice Mizer era merveilles justru gak seram. yang seram itu era album Bara no seidou

      Hapus
  8. salam kenal gan, gue juga fans The Gazette baru suka sama band rock satu ini gara" anime Kuroshitsuji
    pertama dengar langsung suka. Memang the best ni band


    btw album Dogma itu lebih rasa metal barat ya tp gue suka album DIM dan TOXIC, soalnya masih kental nuansa jepangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu Shiver? Sebenarnya lagu itu kandidat awal saya di post ini

      Hapus
  9. Ijin save sobat
    Gw denger Unlucky Morpheus langsung ketagihan. Keren mantap ini band. Lagu Unknown Child epic bener tuh. Baru" ini keknya mereka rilis materi baru coba cek yutub lagu baru Black Pentagram. Makin terasa symphonicnya. Buat ts kalok bisa perbanyak listnya band" cewek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Female vocal maksudnya? ExstTrace, Mary's Blood, Dazzle Vision, Stereopony

      Hapus
  10. Akhirnya ketemu juga yang sealiran musik denganku. Rata rata lagu dari band visual kei, untung aku punya sebagian lagu yang di tampilin disini. bisa semangat pas bangun tidur ku puter kenceng2. biar kata kantong bokek tapi berasa banyak duit kalo lagi dengerin lagu2 itu. Apalagi lagunya Vidoll - Ikaros nyaris ku dengerin tiap pagi sebelum berangkat kerja. Aaaaa band favoritku sejak SMA. Harusnya tambahin juga

    - Maimu
    - Puzzle Ring
    - Deathmath
    - Cloud
    - Ningyo
    - Blue Star

    Itu lagu Vidoll semua bagus2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mantap vocalnya Jui. Laki-laki tapi suaranya lembut seperti wanita

      Hapus
  11. sedap semua gacoan ts apalagi L'arc en ciel sayang ga masuk list. Padahal itu band terkenal atau mungkin ts gasuka l'arc en ciel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata siapa? L'Arc en ciel suka musiknya. Saya tidak tulis reviewnya karena sudah ada puluhan blog yang bahas musiknya

      Hapus
  12. Iya setuju yang diatas saya. Dari 25 list masa ga ada Laruku. Ready Steady Go, Good Luck My Way, Stay Away enak semua musiknya cocok membangkitkan adrenalin. TS kuper ga kenal Laruku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada puluhan blog yg mereviewnya. Saya pikir lebih baik mereview band lain

      Hapus
  13. TS ini penikmat atau pengamat musik sih? keren banget listnya. Aku sebelumnya suka visual kei The Gazette dan Versailles. Baru tau Deluhi abis baca tulisan kamu.

    BalasHapus
  14. Saran lagu yang harusnya masuk di list ini
    - X (X JAPAN)
    - Headbanger!! (BABYMETAL)
    - Hageshisa to, Kono Mune no Nake de Karamitsuita Shakunetsu no Yami (DIR EN GREY)
    - GO!!! (FLOW)

    Adrenalin langsung naik.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar secara bebas, dalam artian bebas tapi masih dalam topic yang dibahas. Komentar spam akan saya hapus